ImageWakaf Pembangunan
Image

Wakaf Pembangunan

Rp 11.491.417 dan masih terus dikumpulkan
55 Donatur ∞ hari lagi

Penggalang Dana

Image
Image
Verified Organization

Sedekah jariyah merupakan sedekah yang memberikan pahala terus-menerus walaupun orang yang bersedekah tersebut telah meninggal dunia. Tentunya sedekah ini punya banyak keutamaan dan keistimewaan.

Amalan tersebut memang sangat dahsyat karena pahalanya senantiasa terus mengalir dan tidak terputus meskipun yang bersedekah sudah tiada. Maka dari itu, sudah seharusnya umat muslim menyiapkan bekal di akhirat dengan bersedekah jariyah. 

Dengan wakaf akan menjadi amal jariyah kita, berikut keutamaan wakaf.

1) Pahala akan selalu mengalir walaupun sudah wafat

Pemberi wakaf akan terus mendapatkan pahala yang mengalir dari harta yang diwakafkan karena harta yang diwakafkan bersifat utuh dan terpelihara.

Dalam salah satu hadits, Rasulullah Saw bersabda:

“Apabila manusia meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga (macam), yaitu: sedekah jariah (yang mengalir terus), ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakannya” (HR Muslim).

2) Manfaatnya dirasakan banyak orang

Wakaf adalah bentuk ketakwaan kepada Allah dengan cara memanfaatkan harta yang dimiliki untuk kemaslahatan atau kepentingan orang banyak. Contohnya adalah wakaf pembangunan masjid, wakaf pesantren, wakaf tanah pemakaman, wakaf gedung untuk keperluan umum, wakaf klinik, dll. Jadi wakaf merupakan salah satu amalan yang memiliki nilai sosial tinggi.

3) Pembelajaran bahwa harta yang dimiliki tidak kekal

Salah satu bentuk ujian ketika hidup di dunia adalah harta dan kita diuji tentang bagaimana harta tersebut dipergunakan. Salah satu upaya yang bisa dijadikan sarana pembelajaran tentang pembelanjaan harta yang baik adalah dengan berwakaf. Hal ini semata-semata menjauhkan diri dari sikap cinta dunia yang berlebihan.

4) Membantu orang lain dalam kesulitan

Harta yang kita wakafkan bersifat tetap dan terpelihara namun potensi manfaatnya dikembangkan menjadi nilai lebih. Pemanfaatan nilai manfaat dari wakaf ini lah yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk membantu kaum dhuafa yang sedang dalam kesulitan. Harta wakaf yang dikelola lalu menghasilkan nilai manfaat inilah yang kemudian akan menjadi sumber bantuan untuk kaum dhuafa.

5) Memajukan Syiar Islam

Dengan terus terpeliharanya harta wakaf yang mengalirkan manfaat bagi yang membutuhkan, maka menandakan syiar Islam terus hadir. Jika wakaf bisa secara luas dilakukan oleh umat Islam di suatu tempat maka menandakan tempat tersebut memiliki syiar Islam yang maju dan diberkahi oleh Allah Swt.

  • Februari, 27 2023

    Campaign is published

Sriyanta8 hari yang lalu
Berdonasi sebesar Rp 50.013
Sriyanta22 hari yang lalu
Berdonasi sebesar Rp 50.012
Sriyanta1 bulan yang lalu
Berdonasi sebesar Rp 25.019
Sriyanta1 bulan yang lalu
Berdonasi sebesar Rp 25.011
Sriyanta1 bulan yang lalu
Berdonasi sebesar Rp 25.016

Fundraiser

Belum ada Fundraiser

Mari jadi Fundraiser dan berikan manfaat bagi program ini.

Doa-doa orang baik (8)

Sahabat Baik1 bulan yang lalu
Semoga mjd keberkahan utk klrga kami
Image
Aaminn-kan doa ini
+1
Sriyanta10 bulan yang lalu
Ya Allah Ampunilah aku,sayangilah aku, lindungilah aku, angkatlah derajatku,berilah aku rejeki, berilah aku petunjuk, sehatkanlah aku, maafkanlah aku
Image
Aaminn-kan doa ini
+1
Sriyanta11 bulan yang lalu
Rabbana aatina fidunya khasanah Wa fil akhiroti khasanah
Image
Aaminn-kan doa ini
+1
Hamba allah12 bulan yang lalu
-
Image
Aaminn-kan doa ini
+1
Sriyanta12 bulan yang lalu
Allahummrzuqnaa ziyaarota baitikal muaddzom warosuulikal, Mukarrom, fii haadzal aam, wafii kulli aam bi ahsanil haal Ya Allah berikan kami rizki agar bisa mengunjungi RumahMu yang Agung, dan RasulMu yang mulia, di tahun ini dan di setiap tahun dengan keadaan yang paling baik
Image
Aaminn-kan doa ini
+1
Bagikan melalui:
✕ Close