fbpx
Kerelawanan
Temu Perdana Relawan Muda, Penyambutan Anggota Baru KRM

Temu Perdana Relawan Muda, Penyambutan Anggota Baru KRM

Awal bulan April 2019 yang lalu Komunitas Relawan Muda (KRM) Dompet Sejuta Harapan (DSH) mengadakan rekrutmen anggota baru. Menyasar anak-anak muda di Klaten dan sekitarnya, rekrutmen ini dilakukan berbasis online dan di follow up dengan Temu Perdana Relawan Muda Ahad (28/4).

Agenda Temu Perdana Relawan Muda terlaksana di Gedung Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (GAPENSI) Klaten. Sejak pukul 08.00 WIB peserta yang terdiri dari calon relawan muda dan peserta umum mulai berdatangan. Agenda dibuka dengan tilawah dan dilanjutkan sambutan serta pengenalan KRM oleh Janu Kurniawan, S.E. selaku Direktur Utama DSH. Seusai sambutan, materi inti disampaikan oleh empat pembicara.

Sebagai pengantar materi kerelawanan secara umum, Bonang Jaladri yang sudah malang melintang dalam dunia kerelawanan menyampaikan materinya. Dalam materi pertama ini, peserta diajak untuk mengenali diri dan tujuan masuk dalam dunia kerelawanan. Dasar dan tujuan terjun dalam kerelawanan menjadi poin utama untuk lebih mendalami bidang ini.

Setelah materi pengantar selesai, sesi selanjutnya diberikan kepada ketiga pembicara untuk sharing kerelawanan. Sesi ini selain untuk berbagi pengalaman juga diberikan agar mindset peserta terhadap kata relawan menjadi lebih luas. Ketiga pembicara yang berasal dari internal KRM masing-masing mewakili 3 bidang garap kerelawanan yang berbeda. Pembicara pertama yaitu Mas Cahyo, sharing terkait relawan Bedug Sedekah, yang bidang garapnya lebih kepada penghimpunan donasi. Selanjutnya pada bidang garap media, baik fotografi dan jurnalistik, disampaikan oleh Mahardika. Pada akhir sesi sharing, Pakdhe Ikhsan berbagi pengalaman tentang relawan kebencanaan, dari kisah suka duka hingga penguatan mental kerelawanan.

Setelah menyimak materi dan sharing kerelawanan, peserta semakin mantap untuk melangkah bersama dalam kebaikan bersama KRM DSH. Sebanyak 21 peserta dari berbagai latar belakang resmi dikukuhkan menjadi bagian dari keluarga KRM DSH. Sebagai simbolis, pin relawan muda DSH disematkan pada orang-orang terpilih tersebut.

Tinggalkan Balasan