Liputan

Muharram Ceria Bersama Yatim, Berbagi Ceria Semua Bahagia

 

Ahad (29/9), di Taman Nglorog Rejo Jeblog, Karanganom, Klaten, bertepatan dengan penghujung bulan Muharram 1441 H Dompet Sejuta Harapan (DSH) kembali menyelenggarakan Muharram Ceria Bersama Anak Yatim. Kegiatan dengan sasaran utama anak yatim maupun piatu dhuafa ini rutin diselenggarakan di bulan Muharram setiap tahunnya. Untuk berbagi keceriaan bersama anak-anak tersebut, DSH menggandeng relawan dari Komunitas Relawan Muda (KRM) dan rekan-rekan trainer dari Green Camp Klaten.

Sebanyak 96 peserta dari 102 undangan yang disampaikan, mengikuti serangkaian kegiatan dari pagi hingga dhuhur. Peserta yang datang melakukan registrasi ulang untuk presensi kehadiran, mendapat nomor dada, kaos, juga snack. Peserta mengikuti seremoni pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan pemberiaan santunan paket pendidikan berupa tas dan alat tulis lengkap, serta outbond ceria. Sedangkan untuk para wali diadakan sharing keselamatan memasak dengan kompor dan demo membuat roti pisang keju coklat.

“Semua berkesempatan. Jika peserta (yang ikut Muharram Ceria hari ini) mau mondok, bisa lanjut di Pondok Penghafal Quran Homestay (QHS) DSH. Jika mau untuk sedikit lebih jauh, DSH juga memiliki SMP Islam Citepus yang letaknya di Citepus, Cilacap.” tutur Janu Kurniawan, S.E., selaku direktur utama DSH. Dalam sambutannya, selain menginformasikan program rutin tahunan Muharram Ceria, beliau turut menyampaikan tentang kesempatan yang dimiliki anak-anak yatim / piatu untuk menuju masa depan yang lebih baik. Tidak hanya memotivasi secara verbal, beliau juga membuka peluang bagi peserta yang mau melanjutkan pendidikan dengan basis keagamaan. Beliau juga menyampaikan, bahwa peluang pasca lulus dari pondok tetap bisa berwirausaha dan berkarya. Sebagaimana alumni QHS yang sudah sukses dengan bisnis pasir ataupun alumni yang berkarya sebagai programmer.

Sedangkan Hendro Prakosa, Kepala Desa Jeblog, Karanganom, Klaten, menyambut dengan senang adanya kegiatan Muharram Ceria yang bertempat di Taman Nglorog Rejo ini. “Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Dompet Sejuta Harapan yang telah memilih Desa Jeblog khususnya di Taman Edukasi Nglorgo Rejo.” Beliau juga sangat terbuka jika kedepannya DSH berkenan menjalin kerja sama lebih lanjut dalam program-program peduli sosial seperti kegiatan Muharram Ceria ini. Lebih dari itu, secara langsung beliau menawarkan sinergi program yang berkaitan dengan air, mengingat produk utama Desa Jeblog adalah air.

Alhamdulillah, keceriaan anak yatim / piatu dhuafa juga semua yang terlibat  dalam kegiatan tersebut terpancar terang. Setelah outbond, peserta bebas berenang maupun bermain di area taman. Mengakhiri keceriaan bersama tersebut, peserta didampingi wali membersihkan diri, istirahat sholat dan mengantri untuk mendapat makan besar serta uang saku.

Jazakumullah khairan kami ucapkan kepada sponsor kegiatan, Roti Dahlia, Jilbab Mart Fashion, Akademi Ezygriya, Asa Chicken, D’Bakery, BMT Harin, dan Koperasi Sarana Aneka Jasa, juga kepadan para donatur dan seluruh pihak yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan Muharram Ceria DSH tahun ini. Semoga kegiatan ini memberikan semangat baru bagi seluruh peserta dan keluarga. Semoga kegiatan ini menjadi kebermanfaatan yang diberkahi. Aamiin.

Leave a Reply