Liputan

Bakti Sosial dan Bersih Masjid; Program Sinergi DSH dan QHS

Terlahir dari induk yang sama memudahkan Dompet Sejuta Harapan (DSH) dan Pondok Yatim Dhuafa Penghafal Quran Homestay (QHS) dalam sinergi kebermanfaatan. Salah satu program sinergi yang sudah menjadi agenda rutin bersama ialah Bakti Sosial dan Bersih Masjid. Jika pergerakan hanya dijalankan Tim DSH, maka serangkaian bakti sosial seperti biasa yang bisa terselenggara. Namun dengan bergabungnya personil Pondok QHS, serangkaian bakti sosial dapat ditambahkan dengan program bersih masjid.

Sebagaimana pada hari Ahad (15/9), program sinergi tersebut diselenggarakan di Bono, Sidorejo, Kemalang, Klaten. Serangkaian kegiatan bakti sosial berupa penyuluhan kesehatan oleh tenaga medis dari RSI, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis yang diikuti 40 warga, bekam putra gratis yang diikuti 15 warga, juga bazar pakaian murah diselenggarakan di lingkungan Masjid Munawaroh Bono. Sedangkan 4 tim kebersihan yang berasal dari santri Pondok QHS dibagi ke empat titik masjid lain yang juga masih berada di wilayah Bono.

Alhamdulillah, program ini berjalan lancar. Kebahagiaan bagi warga Bono, Sidorejo, Kemalang, Klaten, juga proses pembentukan karakter santri QHS yang peduli sesama, siap terjun ke masyarakat, dan bermanfaat bagi umat dapat terwujud melalui program tersebut.

Beberapa santri QHS juga dilibatkan dalam registrasi pemeriksaan kesehatan, menjadi asisten petugas tensi dari STIKES Muhammadiyah Klaten yang bergabung dalam Komunitas Relawan Muda (KRM), dan menjadi asisten apoteker. Tidak hanya itu, santri QHS juga ada yang bertugas di stand bazaar murah. Dengan luwes dan terampil santri menempatkan diri di pos masing-masing. Menjalankan tugasnya sesuai arahan koordinator lapangan.

Jazakumullah Khairan kami ucapkan kepada para donatur dan semua pihak yeng terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam program ini. Semoga Allah memberikan keistiqomahan bagi kita agar teguh di jalan-Nya. Aamiin.

Leave a Reply