fbpx
Liputan

Qurban untuk wilayah rawan Aqidah

Dusun wonosari, Gunungkidul, adalah sebuah dusun yang terletak disebelah utara wilayah Yogyakarta, daerah ini dekat sekali dengan perbatasan wilayah kabupaten Klaten dan letaknya pun berada di atas perbukitan. Wilayah ini merupakan wilayah yang rawan aqidah, dimana dari warga muslim di daerah tersebut sebagian ada yang murtad karena teriming-iming tawaran apabila mereka berpindah keyakinan. Kini wilayah itu hanya ada 90 KK penduduk yang muslim dari 140 KK yang menghuni kampung tersebut.Kurangnya perhatian ummat islam di wilayah ini dan lemahnya ekonomi masyarakat di daerah itu memberikan peluang dan angin segar untuk menyebarkan agama tertentu sehingga mereka sebagian besar telah keluar dari Islam karena merasa diperhatikan kehidupan oleh orang-orang yang mempunyai kepentingan.
Melihat kondisi yang ada DSH merasa perlu untuk ambil bagian dalam pembinaan masyarakat, khususnya wilayah-wilayah umat islam yang rawan aqidah. Tidak hanya di wilayah Gunung kIdul saja namun juga wilayah wilayah lainnya yang kondisinya juga tak jauh berbeda. Wilayah gunung kidul hanyalah sedikit gambaran kecil bahwa kita sebagai umat islam sudah semestinya peduli terhadap saudara kita yang lain. Umat islam ibarat satu tubuh, dan manakala ada satu anggota badan yang lain sakit semua ikut merasakan.
Di momen Idul Adha yang kita rayakan setiap tahunya menjadi sebuah program yang pantas mendapatkan perhatian khusus dari DSH, dengan berbekal hewan qurban dari para sohibul qurban bisa menjadi sebuah kunci pintu untuk bisa masuk ke wilayah dakwah di daerah-daerah yang sangat jarang sekali menjadi pusat perhatian banyak umat islam.
Kita tahu bahwa ada wilayah-wilayah yang semestinya mendapatkan prioritas untuk kita bantu. Dengan perhatian yang kita berikan saudara kita pun akan merasakan sebuah spirit kebersamaan, mereka merasa di perhatikan dan yakinlah dengan silaturahim kebersamaan akan terjalin dan ukhuwah pun lebih kuat.
Dengan qurban semoga kita bisa mensyiarkan islam keseluruh pelosok negeri, dan islam pun kembali bersahaja di wilayah-wilayah baik di kota maupun di pedesaan. Jelang Idul Adha ini DSH mengajak kepada segenap umat islam untuk ikut peduli kepada saudara-saudara kita yang kadang terlupakan. Selain kuatnya ikhuwah isnyaallah pahala pun akan kita raih dengan berqurban, sebagaimana sabda baginda Muhammad saw :
“Tidak ada satu amalan yang paling dicintai Allah dari bani Adam ketika hari raya Idul Adha selain menyembelih hewan qurban. Sesungguhnya hewan qurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah qurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) qurban itu.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majjah dan Hakim)
Jadikan Qurban tahun ini sebagai pengikat hati dan penguat ukhuwah kita dengan saudara kita, bersama DSH dengan programnya Qurban Sedekat Hati semoga bisa menjadi jalan pembuka hidayah untuk kita bersama.

Leave a Reply