fbpx
Liputan

Sambut Ramadhan, 1.200 Peserta Mengikuti Pawai dengan Tertib dan Lancar

[Klaten] Bersama Dompet Sejuta Harapan (DSH), Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT), KOKAM Muhammadiyah, POLRES Klaten dan lembaga bimbingan belajar New Neutron, Forum Aktivis Rohani Islam SMA/SMK/MA Se-Kabupaten Klaten (FARISKA) menggelar Pawai Ramadhan 1439 H pada Rabu, 16 Mei 2018. Mengambil rute dari Masjid Agung Al Aqsa Klaten hingga Masjid Raya Klaten, Pawai Ramadhan 1439 H berjalan tertib dan lancar.

Kegiatan yang bertujuan mengingatkan akan datangnya bulan Ramadhan serta agar kita mempersiapkan diri secara fisik ataupun mental untuk menjalankan ibadah puasa ini diikuti kurang lebih 1.200 peserta yang terdiri dari gabungan elemen pelajar/santri, guru, dan masyarakat umum wilayah Klaten. Peserta mulai berkumpul di Masjid Agung Al Aqsa pukul 12.30 WIB. Berbagai macam atribut dan poster Ramadhan hasil kreativitas peserta turut menyemarakan pawai.

Mengusung tema besar “Ramadhan yang Dirindukan”, serangkaian orasi mengiringi kegiatan sambut Ramadhan ini. Orasi pertama disampaikan oleh Janu Kurniawan, direktur utama DSH. Janu Kurniawan dalam orasinya mengajak masyarakat Klaten untuk menyambut Ramadhan dengan keikhlasan dan kebahagiaan. Selain puasa selama bulan Ramadhan, direktur utama DSH ini juga mengajak agar kaum muslimin mengisi bulan Ramadhan dengan ibadah-ibadah lain seperti tadarus Alquran, berdzikir serta memperbanyak sedekah sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam dimana beliau adalah manusia paling dermawan dan lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan.

Dalam perjalanan menuju Masjid Raya Klaten, orasi dilanjutkan oleh perwakilan KOKAM Muhammadiyah kemudian disambung orasi Ketua FORNUSA Jawa Tengah, Abdusyahid Naufal. Orasi-orasi tersebut memberikan suntikan semangat kepada para peserta. Ustadz Achmad Budiarto berorasi sesampainya di Masjid Raya Klaten, “Dalam rangka upaya kita untuk mendapatkan kemuliaan terbaik yaitu dapat mendapatkan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.” seru ketua JSIT Klaten ini. Rangkaian orasi ditutup oleh orator terakhir, Muhsin A. Fida.

Tepat sebelum adzan asar berkumandang, Pawai Ramadhan 1439 H diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Ustadz Wulan Pitoko dari PPTQ Ibnu Abbas Klaten. Sebagai MC kegiatan, Sindhid dan Azzam anggota FARISKA menghimbau peserta bubar dengan tetap menjaga ketertiban dan kebersihan lokasi pawai.

Leave a Reply