fbpx

Silaturrahim Akbar, Silaturrahim DSH dengan Warga Perak YKP

Ahad (3/2) Dompet Sejuta Harapan (DSH) Pusat, menyelenggarakan Silaturrahim Akbar dalam rangka menempati kantor DSH yang beralamat di Jl. Mayor Kusmanto Perak YKP, Gg. Ketapang RT 01/RW04, Ngingas Baru, Barenglor, Klaten Utara, Klaten. Acara ini menjadi acara kedua yang diselenggarakan setelah sebelumnya melakukan kegiatan khataman Al-Qur’an bersama santri Pondok Quran Homestay. Tujuan dari acara ini, membuka silaturahim dengan warga setempat secara resmi dan menginformasikan kepada masyarakat umum lokasi kantor pusat DSH yang sekarang.

Sejak pukul 7.30 para tamu undangan mulai berdatangan. Segenap warga setempat dari anak-anak hingga orang tua dan para tokoh masyarakat setempat menghadiri acara ini. Selain warga, pengurus Yayasan Hidayah, Duta DSH, Perangkat Kecamatan Klaten Utara, Perwakilan Komunitas Pengusaha Muslim Klaten (KOMPETEN), Perwakilan Donatur, Perwakilan Komunitas Relawan Muda (KRM), dan beberapa komunitas peduli sosial kemanusiaan juga turut hadir.

Acara diawali dengan tilawah yang dibawakan oleh dik Aisyah, salah satu santri Pondok Qur’an Homestay DSH yang telah hafal 14 juz meski kini baru duduk di bangku SMP. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Bapak Janu Kurniawan, S. E., selaku Direktur DSH memberikan sambutan yang pertama. “Kami atas nama pribadi dan juga lembaga, mengucapkan mohon izin kepada segenap warga Perum YKP yang tentu kami hadir di tengah-tengah panjenengan semuanya, kula nuwun. Mudah-mudahan kehadiran kami bisa di terima oleh panjenengan dan bisa memberikan manfaat dan menjadikan barokah bagi lingkungan.” Hatur beliau dalam sambutannya. Beliau juga menyampaikan kepada masyarakat agar kiranya masyarakat berkenan menegur apabila tindak tanduk keluarga DSH ada yang kurang tepat. Bapak Janu juga menceritakan secara singkat terkait sejarah berdirinya DSH hingga menjadi lembaga legal yang telah diakui di bawah binaan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Klaten. Mewakili keluarga DSH, Bapak Janu juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Joko Indarjo yang telah memberikan wakaf hak guna rumah beliau, sehingga dapat digunakan sebagai kantor DSH.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh ketua RT 01, Bapak drh. Suharno. Dalam sambutannya Bapak drh. Suharno menyampaikan warga menyambut gembira atas kehadiran DSH. “Mudah-mudahan dengan bergabungnya DSH di wilayah kami ini bisa menambah potensi sosial di wilayah kita dan mampu mengumpulkan, membangkitkan solidaritas sosial dan solidaritas kemanusiaan di wilayah kita.” harap Bapak drh. Suharno. Beliau juga berharap warga dapat andil dalam kepedulian sosial bersama DSH.

Menyambung sambutan Bapak drh. Suharno, Ibu Nindya selaku sekretaris camat menyampaikan sambutannya mewakili Bapak Camat Klaten Utara yang berhalangan hadir. “Saya sudah tidak ragu lagi berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan DSH.” aku Ibu Nindya yang sudah sering mengikuti kegiatan DSH. Beliau juga menyampaikan selamat atas kehadiran DSH di Perak YKP ini. Dukungan penuh tersirat dalam sambutan beliau terkait program-program DSH.

Acara dilanjutkan dengan prosesi simbolis menempati kantor DSH dengan gunting pita. Gunting pita dilakukan oleh Bapak Drs. H. Amin Mustofa, M.Si. selaku ketua Yayasan Hidayah, Ibu Nindya, Ibu Ibu Hj. Retno Fitrotin, M.Ag. selaku perwakilan Kemenag Kabupaten Klaten, Bapak Janu, dan Bapak Suharno. Alhamdulillah, terguntingnya pita menjadi simbolis bahwa DSH resmi berkantor di Perak YKP ini.

 

Dalam Silaturrahim Akbar ini,DSH juga memberikan santunan kepada Yatim dan Dhuafa. DSH berharap dengan adanya santunan kepada Yatim dan Dhuafa, kita dapat berbagi kebahagiaan kepada mereka dalam kesempatan ini. Santunan berupa paket pendidikan bagi anak yatim dan paket sembako bagi dhuafa semoga menjadi penyambung cinta kita dengan mereka.

Dalam acara ini, juga dihadiri oleh Perwakilan Peduli Anak Yatim Klaten yang menyalurkan donasi untuk korban bencana nusantara melalui DSH. Ada yang istimewa dan tidak biasa dari donasi ini. Karena donasi sebesar Rp 2.000.000,-  yang disalurkan ini berasal dari anak-anak yatim yang kurang mampu. Besarnya kepedulian anak-anak tersebut terhadap saudara-saudara kita tentu menjadi pelajaran tersendiri bagi kita.

Menyambung acara selanjutnya, Ibu Hj. Retno Fitrotin, M.Ag. menyampaikan tausiyahnya. Sebelum tausiyah, beliau juga menyampaikan apresiasi terhadap DSH karena selama audit yang beliau lakukan, DSH merupakan lembaga zakat yang profesional. Kemudian, dalam tausiyahnya Ibu Hajar mengingatkan kembali terhadap kewajiban zakat. Beliau menyampaikan kewajiban zakat sebagaimana yang telah Quran dan hadits tuntunkan. Dalam membayarkan zakat, beliau menghimbau kepada masyarakat untuk membayarkan zakat melalui lembaga-lembaga zakat yang legal dan terpercaya, telah diakui, dibina dan berbadan hukum.

Alhamdulillah, serangkaian acara Silaturrahim Akbar dalam rangka menempati kantor DSH berjalan lancar dan penuh kebahagiaan. Menjelang dhuhur, acara selesai dan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Drs. H. Purwadi. Bismillah, setelah berpindah, semoga DSH semakin berbenah, amanah, dan membawa berkah. Aamiin.

Tinggalkan Komentar

SUDAH SEDEKAH HARI INI?

Jadikan sedekahmu ibadah jariyahmu.