fbpx

Apa itu infak?

Sering kali kita mendengar kata infak, sebenarnya apa itu infak? infak adalah harta yang dikeluarkan oleh seseorang di luar zakat untuk kemaslahatan umat. infak merupakan amalan yang tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari seorang Muslim.

Infak berasal dari Bahasa Arab, “anfaqa” yang berarti membelanjakan harta atau memberikan harta. Sedangkan infak berarti keluarkanlah harta.

Allah Subhanahu Wata’ala memerintahkan setiap hambanya agar menyisihkan hartanya untuk berinfak, dan Allah mencintai hambanya yang berbuat baik. Hal ini dijelaskan dalam Surat Ali Imran ayat 133-134.

“Dan bersegeralah kamu kepada keampunan Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang takwa. Yaitu orang-orang yang menginfakkan (hartanya) baik di waktu senang atau di waktu susah, dan orang-orang yang menahan kemarahannya dan memaafkan kesalahan orang. Allah mencintai orang-orang yang berbuat kebaikan”. (QS. Ali Imran: 133-134).

infak berbeda dengan sedekah, infak sebenarnya dilakukan dengan harta atau material, sedangkan sedekah, bisa dilakukan dengan non-harta atau non-material. Sementara sedekah tidak harus beruwujud harta, sedekah bisa saja berupa senyuman, sebagaimana dalam hadist nabi “Senyummu terhadap wajah saudaramu adalah sedekah.” (HR. Tirmidzi).

Keutamaan Berinfak
Akan memperoleh Pahala yang Besar. Allah SWT berfirman “Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan infakkanlah sebahagian dari hartamu yang Allah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menginfakkan (sebahagian) dari hartanya memperolehi pahala yang besar”. (QS. Al-Hadid: 7).

Setiap yang berinfaq akan didoakan Malaikat. Hal ini disampaikan bagina Nabi Muhammada SAW dalam sebuah hadist “Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga).” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).” (HR. Bukhari).

Dan keutamaan lainnya Allah akan ganti Harta yang Diinfakkan. Ini tercantum dalam AL Quran :”Katakanlah: ‘Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)’. Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan (belanjakan), maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya. (QS. Saba: 39).

Yuks biasakan berfinfak di jalan Allah, semoga kita meraih keutamaan dan berinfak.

FISABILILLAHthe_post_thumbnail( 'lsddonation-thumbnail-listing' );

FISABILILLAH

Rp 10.000

Kode Unik

+176

Total

Rp 10.176
warning

Please select donation program first

Harap login atau lengkapi form berikut
{"lsdd_form_name":{"type":"text","required":true},"lsdd_form_phone":{"type":"tel","required":true},"lsdd_form_email":{"type":"email","required":true}}
Pilih metode pembayaran
E-Money
Bank Transfer

Pembayaran ini akan ditambahkan dengan kode unik, Nilai tambah akan di pertanggung jawabkan sebagai sumbangan. Transfer melalui FLIP untuk pembayaran bebas admin.

SUDAH SEDEKAH HARI INI?

Jadikan sedekahmu ibadah jariyahmu.