fbpx
Aksi
Bakti Sosial di Kalibuko, Serangkaian Bakti Sosial yang Berbeda

Bakti Sosial di Kalibuko, Serangkaian Bakti Sosial yang Berbeda

Ahad (17/3) Dompet Sejuta Harapan (DSH) Cabang Jogja kembali menyelenggarakan agenda rutin bakti sosial. Pada kesempatan kali ini, bakti sosial diselenggarakan di Masjid Daarunnajah Kalibuko II, Kalirejo, Kokap, Kulon Progo. Bakti sosial berupa pemeriksaan dan pengobatan gratis, bazar murah, bekam gratis, santunan yatim dhuafa serta pentasarufan wakaf quran dan alat sholat ini disambut antusias oleh warga setempat.

Berbeda dengan bakti sosial yang diselenggarakan sebelum-sebelumnya, pada bakti sosial kali ini baru bisa dimulai pukul 9 pagi. Qodarullah, Ahad pagi (17/3) ini ada takziyah warga setempat. Sehingga sebelum warga mengikuti bakti sosial, warga takziyah terlebih dahulu. Dalam proses pemakamannya, Ambulan DSH digunakan sebagai armada membawa jenazah dari rumah duka ke pemakaman setempat.

Acara yang dibuka pukul 09.00 WIB ini dilanjutkan dengan sambutan oleh Takmir Masjid Daarunnajah dan Perkenalan oleh DSH. Kemudian acara dilanjutkan dengan kajian umum yang disampaikan oleh Ustadz Maryanto, kepala pondok Quran Homestay Klaten. Setelah kajian selesai, pemeriksaan dan pengobatan gratis kembali dibuka. Dibantu relawan dan tim medis, warga dengan tertib melalui tahap-tahap dari pendaftaran hingga pengambilan obat. Tercatat sebanyak 45 warga mengikuti pelayanan kesehatan gratis.

Selain pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, pada bakti sosial kali ini juga melayani bekam gratis untuk putra. Sebanyak 9 orang warga mengikuti terapi bekam yang ditangani 2 terapis. Sembari layanan kesehatan berlangsung, santunan yatim dhuafa dan pentasarufan wakaf quran serta alat sholat dilangsungkan. sebanyak 50 paket sembako diberikan untuk 50 warga kurang mampu. Tiga paket pendidikan berupa tas, buku, alat tulis, dan uang saku diberikan kepada tiga anak yatim setempat. Sedangkan untuk pentasarufan 12 quran dan 10 alat sholat diberikan kepada jamaah masjid.

Acara terakhir yaitu bazar murah. Bazar murah menyediakan pakaian anak-anak bahkan bayi hingga dewasa. Selain itu, mantol Monas juga menjadi salah satu item yang ada di bazar murah kali ini. Warga dapat memilah dan memilih item bazar yang mereka butuhkan kemudian berinfaq untuk menggantinya. Dari bazar murah tersebut alhamdulillah terkumpul Rp 1.257.000,- yang akan dialokasikan untuk kegiatan sosial maupun donasi untuk korban bencana alam di nusantara.

Alhamdulillah, meski baru dimulai pukul 9, namun menjelang dhuhur bakti sosial dapat selesai dengan lancar. Bakti sosial yang penuh drama sejak kedatangan tim DSH Sabtu (16/3); listrik mati dari awal kedatangan sampai Ahad siang ketika tim DSH undur diri, talang yang harus dibenahi dan beberapa kebocoran masjid, alhamdulillah usai dan bermanfaat bagi warga. “Remen sami remen, kengeng ngge kerjo harian (pakaian-pakaian bazarnya). Remen sing biasane mboten kagungan biayane priksa niki kan gratis. Alhamdulillah seneng. Bermanfaat. Mugi njenengan nggih onten rezeki lancar, saget mengadakan malih ten pundi mawon. Mriki nggih matur nuwun sedoyo.” Kesan Ibu Sirep salah seorang warga setempat.

Alhamdulillah. Hujan yang mengguyur sehari semalam dan selama kegiatan berlangsung semoga menambah keberkahan bakti sosial kali ini. Jazakumullah khairan bagi semua donatur maupun semua pihak yang turut mensukseskan agenda bakti sosial ini.

Tinggalkan Balasan