fbpx
Aksi
Belum Genap Dua Pekan, Banjir Longsor Menimpa Beberapa Daerah Jogja Lagi

Belum Genap Dua Pekan, Banjir Longsor Menimpa Beberapa Daerah Jogja Lagi

Hujan dengan intensitas cukup tinggi dan berlangsung sejak Ahad (17/3) pagi sampai malam hari di wilayah DIY dan sekitarnya mengakibatkan banjir dan longsor di beberapa daerah. Belum genap dua pekan berlalu, beberapa daerah di DIY kembali terdampak banjir dan longsor. Selain di Kulon Progo, Bantul menjadi lokasi yang terdampak banjir dan longsor cukup parah.

Senin (18/3) Tim Tanggap Bencana Dompet Sejuta Harapan (DSH) dan Komunitas Relawan Muda (KRM) terjun ke lokasi bencana membawa bantuan logistik. Lokasi yang dituju tim ialah dusun Bangu, Selopamioro, Imogiri, Bantul, DIY. Sebanyak 45 KK terdampak banjir dan longsor 2 tebing. Dua tebing yang longsor tersebut mengakibatkan pemakaman setempat tertimbun dan sungai, jembatan, rumah warga, serta kandang ternak juga tertimpa longsoran. Sungai yang tertimbun longsoran ini merupakan pertemuaan dua sungai, sehingga setelah tertimpa longsoran tebing, air sungai meluap dan cukup deras membanjiri daerah tersebut. Bahkan ketika hujan sudah reda, arus luapan masih sangat deras.

Luapan yang membanjiri daerah sekitar tersebut mengakibatkan pemukiman warga terendam banjir. Akibat derasnya arus, beberapa halaman milik warga terbawa hingga mengikis sebagian teras rumah. banjir ini tidak hanya membawa air, lumpur dan bebatuan turut terbawa oleh derasnya arus banjir. Sehingga ketika Tim DSH dan KRM mengunjungi lokasi dapat menyaksikan betapa banyak lumpur yang sampai ke teras bahkan rumah warga.

Selasa (19/3) DSH Cabang Jogja dan relawan berganti lokasi menuju Tilaman, Wukirsari, Imogiri, Bantul. Banjir setinggi 1,5 meter melanda daerah tersebut. Selain pemukiman warga sekolah MA Ummatan Wasathon juga terendam banjir. Tim DSH jogja dan relawan ke sana untuk membantu membersihkan sekolah dan membantu membuat jembatan sementara menuju sekolah karena jembatan lama terputus akibat banjir. Jembatan sementara ini dibuat dengan tujuan untuk membantu siswa maupun guru agar tidak perlu memutar arah ketika berangkat dan pulang sekolah.

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=li2lnLjK7aI[/embedyt]

Tinggalkan Balasan