fbpx

Sedekah, Tidak Mengurangi malah Menambah

Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)”. Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya. [QS. Saba’ (34): 39]

Menjelang pertengahan bulan November 2018, seorang donatur Program Khitan Ceria Dompet Sejuta Harapan (DSH) mengirim pesan WhatsApp kepada salah satu staf DSH. “Alhamdulillah, iki rahasia illahi setelah aku shodaqoh langsung diorderi 200juta. Dibayar tunai sama Allah seketika itu juga. Masyaallah.”

Masyaallah. Semoga Allah memberkahi beliau. Niat beliau untuk bersedekah di jalan Allah, tanpa ada keraguan dan pertimbangan langsung diganti Allah seketika itu juga. Tidak hanya diganti dengan jumlah yang sama, bahkan Allah lipat gandakan nilainya.

Semua ini bermula ketika qodarullah seorang staf DSH menghubungi beliau. Staf DSH mengenal beliau dari salah satu tempat kebugaran khusus wanita di Klaten. Alhamdulillah silahturahmi masih terjaga meski keduanya sudah berhenti dari aktivitas tersebut. Keduanya memilih berhijrah dari aktivitas tersebut ke aktivitas yang lebih bermanfaat seperti sibuk dengan urusan keluarga dan fokus pada pekerjaan masing-masing.

Beliau, sebut saja Mak memiliki usaha konveksi khusus pakaian bayi dan pakaian dalam dewasa maupun anak di daerah Tempursari, Ngawen, Klaten. Meski Mak super sibuk, namun beliau tetap menyempatkan waktu untuk bertegur sapa dengan teman lama. Seperti yang dilakukannya pagi itu, Mak tidak mengabaikan pesan masuk dari temannya yang tidak lain tidak bukan ialah staf DSH.

Saling berbalas pesan melalui DM instagram, keduanya saling mengirim kabar. Karena saat itu bertepatan dengan penggalangan dana untuk Khitan Ceria, staf DSH berkabar tentang program donasi untuk Khitan Ceria tersebut kepada Mak. Kesempatan beramal shalih, bersedekah di jalan Allah ini tidak Mak abaikan, beliau dengan mantap mengiyakan tawaran tersebut. Tidak menunggu hari lain, Mak mentransfer sejumlah uang ke rekening DSH dan mengirim bukti transfer untuk konfirmasi hari itu juga.

Kemantapan hati seorang hamba yang hanya mengharap ridho Rabb-nya, mendatangkan balasan seketika. Tidak berselang lama, hari itu setelah Mak berdonasi untuk Program Khitan Ceria, seorang pelanggan Mak menambah orderan hingga 200juta. Masyaallah. Allah mengganti seketika hingga 1.000 kali lipat dari donasi beliau. Alhamdulillah.

Begitulah seorang hamba yang telah yakin akan Rabb-nya Yang Maha Kaya. Tidak ada keraguan untuk saling tolong menolong di jalan Allah. Ia yakin bahwa sedekah tidak akan mengurangi harta. Dan ketika ia bersedekah tidak ada hal lain selain ridho Allah Azza wa Jalla yang ingin ia terima. Masyaallah.

Tinggalkan Komentar

SUDAH SEDEKAH HARI INI?

Jadikan sedekahmu ibadah jariyahmu.