fbpx
Aksi
Sedekah bermanfaat untuk umat.

Sedekah bermanfaat untuk umat.

Sedekah adalah pemberian sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya, di luar kewajiban zakat dan zakat fitrah sesuai dengan kemampuan pemberi. Istilah lain sedekah adalah derma atau donasi, itulah kenapa gelar untuk ahli sedekah biasa di sebut sebagai Dermawan atau Donatur.

Asal kata sedekah adalah Shidqoh (صدقة‎) yang artinya “benar”. Menurut para ulama, orang yang suka bersedekah adalah orang yang benar pengakuan imannya. Jadi, sedekah adalah perwujudan sekaligus cermin keimanan. Sedekah berbeda dengan Zakat dan Infak. Zakat itu hukumnya wajib bagi setiap Muslim yang hartanya sudah mencapai nishab (jumlah tertentu). Infak/Infak adalah sumbangan harta sukarela atau seikhlasnya.

Sedekah lebih luas dari infak, karena yang disedekahkan tidak terbatas pada materi saja, tapi juga bisa berupa tenaga dan pikiran. Bahkan, gerakan tubuh seperti senyum pun termasuk sedekah! Sedekah berupa materi sangat baik. Namun, sedekah non-materi juga sama sangat baiknya.

Sedekah tidak harus berupa uang. Bisa juga dengan tenaga, ucapan, dan pikiran. Nabi saw bersabda “Setiap sendi manusia perlu bersedekah, setiap hari matahari terbit ada orang mengadili dua orang adalah sedekah. Membantu orang dengan mengangkat barang ke atas binatang tunggangan adalah sedekah. Satu kalimah yang baik adalah sedekah. Setiap langkah untuk mengerjakan solat adalah sedekah dan membuang sesuatu berbahaya di jalanan adalah sedekah. (HR. Bukhari).

Sedekah tak kenal tempat dan waktu, dan sedekah tidaklah musti menunggu kaya. Alhamdulillah dari kumpulan sedekah donatur DSH yang tergabung dalam program Bedug Sedekah Subuh bisa memberikan banyak manfaat untuk umat. Walau sedikit namun istiqomah, terkumpulah pundi-pundi donasi yang bisa di tasarufkan untuk berbagai kemanfaatan.

Tinggalkan Balasan