fbpx

Bantu Cianjur, DSH Klaten Kirim 17 Relawan dan Logistik Senilai 75 Juta

Dompet Sejuta Harapan (DSH) Klaten mengirimkan 17 personil relawan dan bantuan logistik senilai 75 juta bagi masyarakat korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Rombongan dan bantuan dilepas Ketua Yayasan DSH Klaten Amin Mustofa didampingi pengurus Bintoro Galih Wicaksono  di kantor DSH Klaten Jalan Mayor Kusmanto Ngingas, Bareng Lor, Klaten Utara (Selasa, 6/12/22).

Sebanyak dua mobil operasional, satu mobil ambulans dan satu truk pengangkut bantuan logistik berangkat mengirim donasi masyarakat Klaten untuk warga Cianjur yang digoncang gempa berkekuatan 5,6 skala richter pukul 13.21 WIB ( Senin, 21/11/2022) lalu.

Amin Mustofa disela-sela pelepasan rombongan bantuan menerangkan kalau donasi warga Klaten yang dikirim untuk korban gempa Cianjur adalah kali kedua dilakukan melalui DSH. Menurutnya, nanti penggalangan dana akan terus dilakukan untuk tahap berikutnya.

“Hari ini (Selasa, 6/12/2022) adalah bantuan korban gempa Cianjur tahap dua senilai 75 juta.  Bantuan tahap pertama senilai 15 juta sudah disalurkan DSH Klaten beberapa pekan lalu. Penggalangan dana akan terus dilakukan untuk aksi kemanusian di Kabupaten Cianjur” pesannya.

Terkait jenis bantuan Bintoro Galih Wicaksono perwakilan pengurus DSH Klaten menerangkan bantuan memprioritaskan kebutuhan darurat bagi korban gempa Cianjur.  Ia mengatakan para relawan akan melakukan kerja kemanuasian selama sepekan penuh.

    “Bantuan yang dikirim untuk kebutuhan darurat seperti terpal untuk tempat tinggal sementara, kasur, makanan instant, makanan bayi dan selimut.  Nilai bantuan logistik donasi warga Klaten adalah 75 juta.  Bantuan diperoleh dari sejumlah sekolah, pengurus masjid, instansi dan masyarakat” jelasnya.

    Pria yang akrab disapa Bintoro itu menambahkan selain bantuan logistik, DSH Klaten juga mengirimkan tenaga relawan. Para relawan nantinya akan membersihkan puing-puing reruntuhan bangunan dan membersihkan tempat-tempat ibadah.

    “Ada 17 relawan yang dikirimkan DSH Klaten.  Mereka terdiri dari Komunitas Relawan Muda (KRM) DSH, Relawan Kecamatan Ngawen(RKN),  Rumah Pemberdayaan Umat (RPU) dan dari Yayasan Adil Sejahtera. Titik lokasi target adalah Desa Limbang Sari, Kecamatan Cianjur. Tugas relawan membantu warga membersihkan puing-puing gempa dan membersihkan tempat-tempat ibadah” terang Bintoro.

    DSH Klaten sebagai lembaga zakat Klaten masih melakukan penggalangan bantuan untuk korban gempa Cianjur.  Bantuan dapat disalurkan melalui kantor DSH Klaten yang terletak di Jalan Mayor Kusmanto, Ngingas, Bareng Lor, Klaten Utara.  Untuk penyaluran donasi  dan informasi dapat menghubungi nomor 085-700-000-1011.

    Penulis : Joko Priyono Klaten.

    Tinggalkan Komentar