fbpx
Aksi
Keranda yang Layak, Harapan Bersama Masyarakat Jagalan

Keranda yang Layak, Harapan Bersama Masyarakat Jagalan

Keranda menjadi suatu benda yang penting namun tidak banyak mendapat perhatian. Benda yang menjadi kebutuhan bersama dalam masyarakat ini memiliki peran penting dalam kelancaran beribadah, memberikan hak mayit.

“Segerakanlah pemakaman jenazah. Jika ia termasuk orang-orang yang berbuat kebaikan maka kalian telah menyajikan kebaikan kepadanya. Dan jika ia bukan termasuk orang yang berbuat kebaikan maka kalian telah melepaskan kejelekan dari pundak-pundak kalian.” [HR. Bukhari]

Dalam hadits riwayat Bukhari tersebut, Rasulullah menuntunkan untuk menyegerakan pemakaman jenazah. Di sinilah keranda mengambil peran sebagai sarana memberikan hak mayit, menyegerakan pemakaman. Namun, di beberapa daerah, keranda yang layak dan kuat masih menjadi benda yang jarang ditemui. Sebagaimana di dukuh Jagalan RW 07, Jogosetran, Kalikotes, Klaten, sudah sejak lama masyarakat mengharapkan adanya keranda yang layak untuk mengurus jenazah warga.

Dengan keinginan kuat, alhamdulillah, masyarakat berinisiatif mengumpulkan infaq untuk pengadaan keranda. Namun qodarullah, infaq jamaah Masjid Al Fajar setempat hanya terkumpul Rp 1.000.000,-. Harapan tersebut pun tidak dapat segera terwujud.

Pihak takmir tidak berputus asa. Ikhtiar dilanjutkan dengan pengajuan  ke Dompet Sejuta Harapan (DSH) Klaten. Alhamdulillah, dana yang terkumpul digenapi DSH dan pengadaan keranda pun dapat terwujud. Rabu (9/12) menjelang siang, Tim Program DSH mengantar keranda tersebut ke Masjid Al Fajar Jagalan, Jogosetran, Kalikotes, Klaten. Perwakilan perangkat, takmir masjid, dan masyarakat setempat menerima wakaf keranda tersebut dengan bahagia. Keranda yang menjadi harapan bersama alhamdulillah terwujud.

“Dengan bantuan keranda dari DSH, kami ucapkan terima kasih untuk bantuan kepentingan sosial warga di dukuh Jagalan.” Ucap perwakilan masyarakat. “Semoga donatur maupun yang menyumbang di DSH senantiasa diberikan kesehatan.” Lanjutnya.

Alhamdulillah. Semoga wakaf keranda ini dapat menjadi penghubung kebaikan donatur dengan warga Jagalan. Bermanfaatnya keranda di kemudian hari dapat menjadi jalan keberkahan bagi semua pihak yang terlibat dalam pengadaan sarana ibadah ini. Aamiin.

Tinggalkan Balasan